Optimalisasi Kamera Xperia SP

Banyak pengguna Xperia SP yang mengeluhkan kualitas gambar dari si kamera Xperia SP ini khususnya pada keadaan cahaya remang-remang (a.k.a. low light condition), termasuk saya😀😛, tapi daripada terus mengeluh dan ga dapet pencerahan, akhirnya saya iseng-iseng cobain semua aplikasi camera yg direkomendasiin temen-temen atau dari forum-forum.

Dari semua rekomendasi akhirnya saya dapet pencerahan pas lagi mo tidur, coba-coba iseng ngambil gambar ke tembok pake aplikasi kamera yang namanya Camera FV-5 dengan mode long exposure-nya. Walhasil saya tercengang dan seketika kantuk saya ilang (lebay :D) ketika liat hasil jepretannya, kok bisa ya hasilnya lebih tajem beda dari biasanya kalo ngambil gambarnya pake stock camera (apps kamera bawaan) gambarnya pecah ga karuan padahal udah pake mode normal dengan beberapa setingan andalan. Biar ga penasaran mari kita liat perbandingannya di gambar berikut ini:

Perbandingan Stock Camera dengan Camera FV-5

Perbandingan Stock Camera dengan Camera FV-5 (Long Exposure)

Kedua gambar di atas diambil tanpa flash, nah kliatan kan bedanya lebih tajem yg bawah. Setelah di investigasi (walau saya ga ngerti dunia perkameraan) liat EXIF-nya ternyata hasil jepretan Camera FV-5 menggunakan ISO-50, loh kok bisa? sedangkan kamera bawaan udah saya set ISO-nya di 100 tetep aja lari ke 200. Nah yg anehnya kok ISO-50 bisa terang gambarnya padahal pake kamera digital aja kalo di set 50 udah ga kliatan gambarnya. Hmmmmm…. mari liat  lagi EXIF-nya dan akhirnya nemu clue (petunjuk) cekidot…

EXIF Info

EXIF Info

Nah dari situ saya jadi inget kalo kamera bawaan Xperia SP (stock) juga punya fitur Night Scene, nah pas saya coba jepret lagi pake mode Night Scene ternyata eh ternyata beneran hasilnya sama persis kaya hasil dari Camera FV-5 mode long exposure, ISO di force ke 50 tapi hasil tangkepan kameranya ga gelap walau tanpa flash (saya ga ngerti ini kenapa? kalo ada yang tau ya mohon tinggalkan komentar yak!! hehe…).

Okeh sekian dulu investigasinya, sedangkan kesimpulannya??? pikir aja sendiri yak!!! :v

About byutea

going where the wind blows

3 responses to “Optimalisasi Kamera Xperia SP

  1. bhiezoel

    Nice try om…..tapi yang jadi kunci sebenarnya bukan ‘night scene’….itu hanya penamaan pemilik produk/aplikasi. yang jadi kunci adalah parameter “shutter speed value” yang di set 1/4 seconds. ini yang jadi penentu “long exposure’. Juga focal lenght yang di set di 2.96mm
    Kalo masalah ISO 50 saya menduga, itu trik aplikasi utk menghilangkan grainy dari hasil foto….grainy itu titik-titik yg muncul di ISO tinggi (200 keatas) tpi itu juga tergantung kualitas lensa dan sensor kamera HP nya. Dalam case ini, karena pake HP Sony, asumsi kualitas sensor kamera dianggap terjamin.

  2. nice inpoh gan mau ane praktekin hpnya uda ke jual nih semoga blognya tambah maju dah

Tinggalkan Balasan

